Proyek Akhir (part1)

A. Judul

Rancang Bangun Aplikasi Pengelolahan Pertandingan Pekan Olahraga Daerah pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur

B. Latar Belakang

Proses Pengelolahan pertandingan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hasil pertandingan yang sudah berlangsung, Pengelolahan pertandingan hanya dilakukan jika sudah ada data hasil dari keseluruhan pertandingan. Proses pengelolahan pertandingan pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur ini sangat penting untuk mempermudah dalam mencari data tentang atlet dan menyimpan berkas dokumen atau rekap atlet pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur,
Pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur masih menggunakan form, dimana data – data pertandingan disimpan pada rak dokumen, sehingga memungkinkan kehilangan data dan bahkan pencarian data pertandingan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini menyebabkan kinerja pihak Administrasi dari Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur pada khususnya, tidak efesien. Kesulitan dalam pengolahan data pertandingan juga menyebabkan pendataan pada masa pendaftaran atlet menjadi lebih sulit dan sering juga terjadi kesalahaan pencatatan data pertandingan. karna penyimpanan berkas dokumen tersebut masih diletakkan ke dalam rak dan besar kemungkinan dokumen tersebut bisa hilang.
Sehingga untuk membantu mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu sistem aplikasi pengelolahan pertandingan yang dapat membantu pengelolaan data tentang pertandingan dan menyimpan berkas dokumen atau rekap pertandingan pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, sehingga proses pengelolahan pertandingan baru dapat lebih efektif dan efisien.

C. Rumusan Masalah

Bagaimana merancang bangun aplikasi pengelolahan pertandingan Pekan Olahraga Daerah pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur

D. Batasan Masalah

Batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Aplikasi ini membahas tentang registrasi atlet
  2. Aplikasi ini membahas tentang penjadwalan pertandingan
  3. Aplikasi ini membahas tentang hasil pertandingan
  4. Aplikasi ini membahas tentang perhitungan hasil klasemen

E. TUJUAN

Tujuan pada penelitian ini adalah merancang bangun aplikasi pengelolahan pertandingan, dimana sistem terdiri dari proses pendaftaran atlet, penjadwalan pertandingan, hasil pertandingan, perhitungan hasil klasemen pada Dinas kepemudaan dan keolahragaan provinsi jawa timur.

F. MANFAAT

Manfaat yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah :
  1. Bagi Petugas

Untuk mempermudah dalam mengelola data pertandingan dan menganalisa data pertandingan di Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan serta mengurangi proses pencatatan yang dilakukan secara manual.
  1. Bagi Kepala Dinas

Dapat mengetahui data laporan dengan cepat dan akurat

G. Landasan Teori

Landasan teori merupakan bagian yang akan membahas tentang uraian pemecahan masalah yang akan ditemukan pemecahannya melalui pembahasan-pembahasan secara teoritis. Teori-teori yang akan dikemukakan merupakan dasar-dasar penulis untuk meneliti masalah – masalah yang akan dihadapi peneliti pada pelaksanaan pengumpulan data Pengelolahan Pertandingan Pekan Olahraga Daerah pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur.

 

1.   Analisis dan Perancangan Sistem

Menurut Kendall dan Kendall (2003:7), analisis dan perancangan sistem dipergunakan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan peningkatan-peningkatan fungsi bisnis yang dapat dicapai melalui penggunaan sistem informasi terkomputerisasi Analisis sistem dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan, sehingga dapat diusulkan perbaikannya.
Perancangan sistem merupakan penguraian suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian komputerisasi yang dimaksud, mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan, menentukan kriteria, menghitung konsistensi terhadap kriteria yang ada, serta mendapatkan hasil atau tujuan dari masalah tersebut serta mengimplementasikan seluruh kebutuhan operasional dalam membangun aplikasi.

2. Sistem Informasi

Sistem informasi berasal dari dua kata yang saling berhubungan yaitu antara sistem dan informasi. Sistem adalah suatu kerangka kerja yang sangat terpadu serta mempunyai satu sasaran atau lebih. Informasi berbeda dengan data, data adalah keadaan yang ada dan belum diproses belum lanjut, sedangkan informasi adalah data-data yang telah diproses dan dibentuk sebagaimana mungkin agar lebih bernilai bagi penggunanya. Maka sistem informasi adalah sekumpulan komponen yang terorganisasi dan saling berhubungan atau berinteraksi secara sistemtis untuk membangun atau mengolah data menjadi informasi. Rainer,( 2006:48).

3. Desain Sistem

Setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan gambaran yang jelas apa yang harus dikerjakan. Kemudian memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. desain sistem dapat diartikan sebagai berikut :
  1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem.
  2. Pendefinisian dari kebutuhan – kebutuhan fungsional.
  3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi.
  4. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.
Berupa gambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. (Jr. George P. Schell dan Raymond Mcleod, 2007:45).

 

Salam, Rangga Alviani Putra
Email : 14390100003@stikom.edu
DIII Manajemen Informatika (http://mi.stikom.edu)
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (http://www.stikom.edu)

Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP
http://blog.stikom.edu/lusiani
http://titiklusiani.wordpress.com

Tinggalkan komentar